Saturday 28 April 2012

My Cellphone Stories - From Time To Time

Telepon genggam atau handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line konvensional, namun dapat dibawa kemana-mana (portable) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel, wireless). Itu katanya Wikipedia. Tapi dizaman sekarang ini pengertian handphone mulai berkembang menjadi kebutuhan primer manusia yang keempat. Yakni setelah Sandang, Pangan, dan Papan. Saking ketergantungannya dengan hape/smartphone. Bisa jadi orang akan lebih rela ketinggalan adeknya di pasar daripada ketinggalan hapenya dirumah. Miris....


Anyway, dimalam minggu yang berbahagia (dan sendiri) ini, saya mau share sedikit tentang history handphone pribadi si empunya blog ini dari masa ke masa. Yuk mari...

1) Sony Ericsson T68i
This is my very first cellphone. Allow me to introduce, si cantik mungil bahenol, Sony Ericsson T68i. Si hape pertama saya, beli waktu masih kuliah. If  i'm not mistaken, saya mendapatkan hape ini seharga Rp. 450.000 secara second (harap maklum donk, namanya juga anak kuliahan, gak punya duit banyak. Kalo sekarang mah mo punya hape model apa juga.....teuteup ajah nunggu second-nya :p). Yang saya suka dari T68i ini adalah support Bluetooth/Infra Red dan Joystick Navigation-nya. Secara waktu itu gak banyak hape yang support Bluetooth apalagi pake navigasi Joystick. Pokoknya keren banget deh nih hape. Apalagi denger-denger hape ini juga dipake sama Sanchai "Meteor Garden" <--- Yang ini off the record coz bukan hal yang penting juga. Sayangnya nasib hape ini cukup tragis. Pertama hilang pas dirumah (red: dicuri). Mungkin karena empati, tiba-tiba ada temen kuliah ngasih hape yang sama ke saya (kalo semua temen model begini bakalan tenang hidup sayah). Tapi tetep aja nasibnya gak beda jauh sama yang pertama. Entah gimana ceritanya, gak lama kemudian hape kedua tsb baterenya tiba-tiba "hamil diluar nikah" alias melendung. Terpaksa saya buang baterenya jauh-jauh, karena dia sudah bikin malu/aib dikeluarga. Hihihihi :p

2) Sony Ericsson K530i

Beruntung pas T68i saya hilang, saya sudah beli Sony Ericsson K530i. Untuk yang satu ini saya belinya brand new alias masih gres/baru. Sekali lagi, saya beli hape ini BARU lho!!!. Gak second kayak yang pertama. Kalo gak percaya yu olang boleh tanya deh sama si Engkoh toko sebelah. Secara fitur lagi-lagi saya memilih yang mumpuni dengan harga yang cukup terjangkau sama dompet. Fitur 3G/Video Call, MP3 Player, Memory External, 2MP Camera, FM Radio dan desain yang ciamik membuat saya langsung jatuh hati sama doi. A whole package cellphone with best price. And it's in my own hand. Yeah! Sekarang nasib hape ini telah diwariskan ke Rani, adik bungsu saya. Coz dari awal dia pengen banget punya hape ini. Sampe-sampe ditanyain terus kapan saya beli hape baru supaya si K530i-nya bisa dipake sama dia. Well now it's yours my lovely Sis. Please take care of it ya :)

3) Sony Ericsson J132

Lanjut ke hape #3, alasan utama beli hape Sony Ericsson J132 ini hanya karena kebutuhan untuk menelepon dalam durasi yang lama (sayang kalo pake K530i, bisa gosong entar). Ditambah lagi bonus nelpon gratis selama dua bulan dan harga yang cukup murah. Ya akhirnya dibeli deh. Secara fitur gak ada yang spesial selain batere yang lebih tahan lama dan FM radio. Selebihnya hanya fungsi standar. Tapi ada cerita unik soal hape ini. Jadi dulu saya terbiasa menelepon "seseorang" pake hape ini sambil nyetir motor. Satu waktu adek saya Ira (Aging) mau nebeng ke kampus bareng. Hayuk aja Sis, toh sehari-hari kalo berangkat kekantor juga pasti lewat depan kampusnya. Nah, pas sampe pasar yang gak jauh dari rumah tiba-tiba hujan turun. Saya menepikan motor dan kita berdua pake jas ujan masing-masing. Setelah saya beres pake jas ujan, saya bilang ke Ira, "Hayo naik Ging, kita jalan lagi". Selama perjalanan tsb saya "sibuk" bertelepon ria aja. Hampir satu jam, akhirnya kita sampai didepan halte RS. Islam, Cempaka Putih. Dari situ Ira tinggal jalan sehat sedikit kedalam untuk menuju kampus. "Udah sampe Ging", kata saya. Tapi kq si Ira gak turun-turun dari motor dan gak ada suaranya. Pas saya tengok kebelakang, saya kaget bukan kepalang. TERNYATA IRA GAK ADA!!!. Dia gak ada diboncengan motor saya. "ADIK SAYA MANA??!!", saya histeris. Panik pun melanda, apa jangan-jangan Ira jatoh dijalan. Tapi kalo jatoh masa gak ada suaranya sih. Saat masih bingung + panik, hape saya berdering. Ibu telepon. "Shandy, kenapa kamu ninggalin Aging dijalan sendirian???. Dia kan masih pake jas ujan, kenapa kamu tinggalin dia???". OH EM JI!, ternyata si Aging ketinggalan dideket pasar saat kita pake jas ujan tadi. Habis saya diomelin sama Ibu. Saya coba telepon Ira ke hapenya tapi ga dijawab-jawab. Di SMS minta maaf juga gak dibales. Marah besar doi. Sampe rumah saya beliin dia makanan kesukaan (buat nyogok) sekalian minta maaf lagi, tapi tetep aja bibirnya manyun kayak Doraemon. Hihihihi. Alhamdulillah di hari ketiga doi udah mau ditegor juga akhirnya. Dia cerita kalo kesel banget pas kejadian ditinggalin. Udah gitu saya dipanggil-panggilin juga gak denger-denger. Alhasil dia balik rumah dan gak jadi kekampus karena telat. Sungguh aib/dosa bagi saya. Sebagai kompensasinya, hape ini akhirnya saya wariskan ke Aging. Maafin Aa yaaaaa Sista. Gak lagi-lagi deh ;)

4) Blackberry Curve 8310
Beranjak ke hape #4, perkenalkan si Blackberry 8310, as known as Papa Bear. Ini adalah smartphone pertama saya. Kebutuhan hape ini utamanya untuk akses email kantor, bonusnya ya fitur social media, dan instant messaging-nya yang mumpuni. Dulu perasaan kalo update status FB pake Blackberry bisa dibilang adalah suatu kebanggaan. Apalagi kalo udah ada yang nanyain "PIN nya berapa?". Beuh, dengan bangga mendekati sombong saya langsung bilang "253CBB30, invite yah". Gak heran juga sih, secara gadget ini tergolong masih jarang yang punya/eksklusif dan cukup mahal biaya langganan bulanannya. Bayangin aja langganan BIS (Blackberry Internet Sevice) waktu itu masih 120rb (tahun 2007). Untung nomor saya dicover kantor. Jadi gak perlu pusing mikirin bayar langganannya. Alhamdulillah si Papa Bear ini masih awet sampe sekarang dan dipake sama saya sehari-hari. Meskipun udah dapat julukan BB zaman Majapahit dan suka nge-hang terus. Tetap aja saya setia sama dia. I lop yu pul *peluk Papa Bear*

5) Samsung Galaxy Ace S5830

Dan inilah si pemain utamanya, Samsung Galaxy Ace S5830. Hape yang jadi andalan sehari-hari untuk surfing di dunia maya (gak pake santika). Kelengkapan fitur sangat diperhatikan disini. 3,5" wide touchscreen, Android OS 2.2.3, Processor 800 MHz, 5MP Camera, HSDPA, WiFi, dan desain yang menurut saya sangat elegan. Harga juga masih terjangkau < 2.5 millions (IDR). Ditambah dengan aplikasi Android yang unik dan gratis menambah nilai plus. This is what i call friendly smartphone. All in one features with slim design. Si Ace ini saya pakai untuk nomor pribadi. Sedangkan si Papa Bear dikhususkan untuk urusan kantor. Meski kemaren sempet liat temen kantor pake Galaxy W, yang notabene lebih mumpuni dengan layar dan kedalaman warna yang lebih besar dan jernih, kapasitas prosesor 1GB, dan support video call. Tetap saja saya setia dengan si Ace. I've got all the things i needed in this gadget, so i will keep it until future notice :D

6) Samsung GT-E1080T
Untuk yang terakhir ini baru aja dibeli kemarin sore dari temen kantor. Jadi bener-bener masih anget alias fresh from the oven. Jujur saya juga bingung kalo ditanya kenapa bisa beli hape ini dan untuk tujuan apa. Jadi awalnya Said, temen kantor saya nawarin hape baru ini dengan harga hanya Rp 100.000. Doi dapet dari hadiah kartu kredit. Katanya dia gak perlu, makanya pengen dijual ajah. Yowes saya bayarin aja deh, toh kali aja berguna buat orang rumah. Hape ini termasuk low-end class, fitur yang bisa dibanggain dan unik berdasarkan pengamatan saya selama sehari ini adalah FLASHLIGHT alias senter-nya! Karena diantara hape saya yang sebelum-sebelumnya fitur ini gak ada :D. Tapi tak apalah, what do you expect with one hundred thousands rupiah's cellphone? Toh saya bisa pake buat backup kalo tiba-tiba si Papa Bear "Wassalam". Selain itu kan juga bisa dipake buat nyari lilin pas mati lampu dirumah. So, welcome to the family ya Samsung GT-E1080T.

And here are the pictures of my cellphone above in complete mode (oldest until newest)

We are FAMILY!


Slim Shandy | My Gadgets

No comments:

Post a Comment