Sunday 25 March 2012

Shandy And The Gang

Bersosialisasi adalah kodrat manusia. Manusia gak bisa hidup sendirian. Fitrahnya manusia adalah makhluk yang memiliki kecenderungan untuk hidup dalam kebersamaan dengan yang lain.

Dengan kata lain, manusia adalah makhluk yang mencari kesempurnaan dirinya dalam tata hidup bersama. Kecenderungan tsb umumnya didasari oleh visi, misi, pikiran/pandangan yang sama. Sederhananya, secara tidak sadar kita akan memiliki kedekatan khusus dengan orang-orang yang satu frekuensi dengan kita. Maksudnya satu frekuensi itu apa? Saya coba analogikan dengan alat komunikasi Walkie Talkie (WT) yang istilah waktu kecilnya biasa disebut "Brik-Brikan":
Walkie talkie adalah sebuah alat komunikasi genggam yang dapat mengkomunikasikan dua orang atau lebih dengan menggunakan gelombang radio. Kebanyakan walkie talkie digunakan untuk melakukan kedua fungsinya yaitu berbicara ataupun mendengar. Walkie Talkie dikenal dengan sebutan Two Way Radio ataupun radio dua arah, yang dapat melakukan pembicaraan dua arah, berbicara dan mendengar lawan bicara secara bergantian. Walkie talkie dapat digunakan dalam jarak 0,5 Km sampai dengan 2,5 Km tanpa menggunakan biaya pulsa seperti menelpon. Walkie talkie merupakan transceiver, yang dikarenakan ia memiliki two way radios tersebut, alat ini memiliki radio transmitter dan sinyal penerima komunikasi radio (Wikipedia)
Jadi untuk penggunaannya WT harus menggunakan frekuensi yang sama agar bisa saling berkomunikasi secara bergantian (istilah tekniknya Half Duplex). Jangan sampai Si A memakai frekuensi X, tapi si B malah pakai frekuensi Y. Nanti yang ada namanya saling bermiskomunikasi ria ala Jaka Sembung gendong Afika, alias gak nyambung Kaka :D.

Nah, di moment yang cerah (dan belum mandi) di pagi hari ini, saya mau sedikit share tentang kehidupan berkelompok saya (baca: nge-gank). Karena seperti yang telah dijelaskan diatas, saya juga termasuk golongan manusia, bukan jin atau sebangsanya. Ha3x. Simak ya guys:

1) Anonym

Anonym (Ifan, Tony, Shandy)
Jujur sebenernya saya berat banget mau upload foto diatas. Secara fotonya jadoel bin retro dan objeknya itu pada out of focus semua. Mana posenya "GAK BANGET" deh, pada sok imut gimana gitu. Kalo istilahnya si Ifan sih malah kayak foto model majalah Gaya Nusantara. Parah kan =)). Tapi ya sudahlah, demi kepentingan postingan ini saya berusaha mengikhlaskan aja. Actually ini bukan gank sih, tapi teman dekat/main waktu SMU. Namanya aja gak ada, makanya kasih Anonym aja buat formalitas. Personilnya ada tiga biji (Trio Libels wannabe). Pertama Muhammad Fathoni a.k.a Tony Becks, Arifyan Mauludy Satria a.k.a Ifan sang Pencinta Wanita, and of course Shandy Adam a.k.a Slim Shandy. Kita akrab sejak masuk kelas I SMU. Oh iya, Tony ini pas masuk sekolah itu NEM nya paling tinggi sekelas. Kebetulan waktu itu NEM pada jeblok, saya cuma dapat 36,85. Untung NEM terendahnya 36,70. Jadi masih selamet deh. Nah, si Tony itu NEM-nya 41. Urutan pertama di daftar kelas cing! Apalagi doi cool banget pembawaannya (cool sama nahan laper beda tipis). Saya sama Ifan aja sempat menganggap dia lawan/saingan berat. Tapi pas diperhatiin dengan seksama dan tidak dalam tempoh yang sesingkat-singkatnya, ternyata anaknya biasa aja, gak dapet ranking I juga :p. Berarti bener kan dugaan saya, pembawaan coolnya itu karena nahan laper aja. Iya gak Fan? Hehehe :D.

Kegiatan kita ya standar anak sekolahan, dari nonton bola, nginep bareng, muter-muter naek motor, karaokean, ngeceng cewek (spesialisasinya Ifan, sayah mah kalem, apalagi Tony, ustadz lulusan pesantren), bakar ayam, ngabuburit dsb. Dulu kita biasa karaoke box di Grand Mall Bekasi, itu lho yang pake koin seharga Rp 1500 sekali nyanyi. Masuk kotak item ukuran 2x2 M yang kayak tempat nyoblos pemilu. Kebetulan kalo kita lagi stress, salah satu pelampiasannya  adalah karaoke. Coz karaoke itu berkontribusi besar untuk menghilangkan beban di dada. Apalagi kalo abis dapet nilai ulangan Matematika/Fisika yang tak sedap dipandang mata. Plong aja bawaannya kalo abis teriak-teriak gitu. Bisa bikin amnesia sama hasil ulangan tadi. Setidaknya plong sampe datang waktunya ditanyain sama ortu mana nilai ulangannya :D. Nah, si Bapak penjaga karaokenya itu kayak gak pernah ikut sekolah kepribadian John Robert Powers aja deh. Mukanya always cemberut & asem tiap ngelayanin pelanggan. Mbok ya senyum + ramah dikit tho Pak. Kami datang dengan damai, bukan mau kudeta usaha Bapak. So, relax aja. Santai kayak dipantai, asik kayak di Tasik gitu. Tapi emang dasar udah bawaan dari orok kali ya, tetep aja doi pasang muka asem + cemberut. Sampe-sampe saking keselnya kita julukin doi Mr. Dam* :)). Yah, berhubung doi punya harga koin karaoke yang paling murah di bumi Bekasi, terpaksa kita teuteup langganan deh. Hihihihi.

Untuk hal sepakbola, saya dan Tony adalah supporter Manchester United, sedangkan Ifan adalah seorang Juventini (julukan supporter Juventus). Kalo menurut saya ya, Ifan kan laki-laki. Seharusnya dia adalah seorang JuvenTONO, kalo perempuan baru JuvenTINI. Gimana sih itu penamaannya. Tapi tak apalah, gak peduli juga secara saya seorang Manchunian B-). Glory glory Man United!

Diantara kita yang sudah berkeluarga adalah Ifan, dia menikah dengan teman SMP & SMU saya, Pipih Diahwaty, mereka sudah dikaruniai seorang putra yang bernama Afgan Rais Dzukwan Satria. Jujur saya termasuk orang yang bahagia melihat kalian akhirnya berumah tangga, secara history pait-manis pacaran kalian berdua cukup terekam dengan baik di kepala saya. Sebagai kawan baik saya mendoakan semoga pernikahannya langgeng dan menjadi keluarga SaMaRa. Amin. Tolong doakan saya dan Tony untuk segera menyusul ya Bro/Sis ^^. One more thing, Ifan adalah orang yang pertama kali mencetuskan nickname Slim Shandy pas SMU dulu. Well, it's a cool nickname Bro. Ai laik it and gue banget. Thx ya (semoga gak minta royalti:p)

Pipih & Afgan


2) Ijo Lumut

Ijo Lumut (Shandy, Siregar, Toto, Ikhsan, feat. Zaedan Aqiel Rahman)
Gank ini terbentuk karena kita mengalami nasib yang sama dikampus, yakni menjadi Asisten Lab Fisika Dasar dan waktu itu sama sama masih pada jomblo dan imut. Anggotanya terdiri dari saya, Rahmad Desa Siregar, Toto Yuniartanto, dan Ikhsan Citrawan. Saya dan Toto jurusan Elektro, sedangkan Ikhsan dan Siregar jurusan Kimia. Diantara kami berempat, dengan bangga saya menyatakan bahwa saya adalah anggota TERMUDA (sambil gaya bunga mangkok). Well actually, kita ini sebenarnya ga jomblo-jomblo amat, banyak kok yang nge-fans sama Ijo Lumut. Tapi ya karena kita punya komitmen bahwa jomblo itu prinsip, pacaran itu pilihan. Secara otomatis jomblo sudah jadi prinsip #1, dan pacaran adalah prinsip #2. Meski pacaran itu bisa dipilih. Kita tetap gak bisa pacaran, karena mentok di prinsip pertama. Hiks T.T.

Kegiatan rutin/utama kita adalah menjadi pendamping praktikum laboratorium Fisika Dasar di Univ. Muhammadiyah Jakarta untuk fakultas teknik/kedokteran/ilmu kesehatan, dan kelas extension yang notabene berisikan para Bapak2 dan Ibu2. Ini hal yang saya suka,  saya jadi bisa kenal banyak orang dan belajar berbicara di depan umum. Tipikal kita berempat berbeda-beda, Siregar yang berdarah Batak memiliki sifat yang saklek/tegas dan "killer" sama praktikan. Ibarat di film, dia itu petarung berotot yang bilang "YOU ARE NEXT!" di Bloodsport :)). Toto yang secara akademis mumpuni, tapi kalo bicara depan orang banyak tiba-tiba mandi keringet dan grogi, Ikhsan yang pembawaannya kalem, kebapakan, dan murah senyum. Dan saya sendiri yang kalian semua udah pada ketahui, sedikit bicara, karena bicara seperlunya aja (kebetulan perlunya banyak), pendiam (pas lagi tidur), serius tapi santailah sayah pokonamah. Perbedaan karakter kita berempat itulah yang memberi warna di lab.

Kegiatan favorit kita adalah jalan-jalan ke villanya Ikhsan di Cipanas. Dari sana jalan lagi (bener2 jalan kaki:p) ke Cibodas. Untuk masalah makanan ada Siregar sebagai Master Chef, Toto sebagai asisten koki merangkap pembantu umum. Sedangkan saya dan Ikhsan adalah raja yang tinggal makan. Dengan low budget aja udah dapet liburan kelas wahid + nyaman. Bahkan dulu pernah numpang mobil pickup buat turun dari Puncak ke Ciawi. Wah, jadi kangen maen kesana lagi. Kapan nih San? Minta izin donk sama Mbak'e :D. Hehehe.
"One for all, and all for ME!"
3) The Galau

 Nurhasanah, Anin, Shandy feat Khansa Athiyah
Kalo boleh di analogikan, gank ini mirip group vokal Lingua. Personilnya dua perempuan (Anindhita Dyah Kusumawardhani & Nurhasanah) dan satu lelaki. Sudah bisa dipastikan saya adalah personil paling ganteng yah (kalian harus menerima kenyataan tsb lho). Ini gank terbentuk dengan sendirinya di pertengahan 2008. Awalnya kita janjian ketemu di sebuah Mall. Kebetulan kita bertiga ini dulu teman sekelas pas SMU, sama-sama kelas 3 IPA 4 a.k.a Extravaganza Class. Singkatan dari Exact Tetra Valing Gaoel dan Zantai (ampun deh namanya). Itu adalah pertemuan pertama sejak kita lulus SMU. Lama gak bersua ternyata gak bikin kita orang banyak berubah, saya tetap slim, Anin tetap calm, dan Nur tetap chubby (piss Bu ^^v). Dari pertemuan itu kita (sepertinya) punya frekuensi yang sama. Itu bisa dibuktikan saat kita ngobrol gak ada si Jaka Sembung + Afika yang ikutan nimbrung. Mungkin karena obrolannya sering bertemakan galau, akhirnya dengan sendirinya tercetus nama The Galau. Ini namanya pun jauh tercipta sebelum trend galau sekarang. Jadi saya tegaskan kita bukan gank 4L4Y. Ini adalah gank yang diisi oleh orang-orang dewasa dan matang. Hal itu bisa dilihat dari motto kita bersama: "Teuteup cemungudh eaaaa".

Anin sekarang bekerja sebagai PNS di Bandung, Nur sudah menikah dengan Mas Puji dan memiliki seorang putri cantik yang bernama Khansa. Sedangkan saya seperti yang kalian liat sendiri, lagi nulisin cerita teman-teman saya dari tadi. Hehehe. Tapi meskipun kita tinggal beda "benua", silaturahim harus tetap terjalin. Kebetulan akhir bulan ini Anin dapat jatah ultah. Jadi seharusnya ada semacam party atau apa gitu ya Nin ;)
"We are GALAU, but we are not 4L4Y"

Saya berharap kebersamaan ini tetap terjalin sampai tua nanti. Bahkan kalo perlu anak-anak kita nanti akan melanjutkan kebersamaan ini. Kita berkumpul bersama, gembira, sedih, dan tertawa. Untuk saling menyemangati & menguatkan. Semoga persahabatan ini diberkahi Allah SWT. Amin :)

Sahabat sejatiku, hilangkah dari ingatanmu
Di hari kita saling berbagi
Dengan kotak sejuta mimpi, aku datang menghampirimu
Kuperlihatkan semua hartaku

Kita s’lalu berpendapat, kita ini yang terhebat
Kesombongan di masa muda yang indah
Aku raja kaupun raja
Aku hitam kaupun hitam
Arti teman lebih dari sekedar materi

Pegang pundakku, jangan pernah lepaskan
Bila ku mulai lelah… lelah dan tak bersinar
Remas sayapku, jangan pernah lepaskan
Bila ku ingin terbang… terbang meninggalkanmu

(Sheila On 7 - Sahabat Sejati)

Miss you all!

Slim Shandy | The Gangs

1 comment:

  1. Masukin lagi foto yang lain kenangan tak terlupakan. Ijo lumut group terkena seanterio alam semesta pada jamannya.

    ReplyDelete